Salakan, Bangkepkab.go.id –  Asisten II Dra. Abderiana Loto, MM buka diklat pengembangan kurikulum bahan ajar dan model pembelajaran pendidikan anak usia dini (paud) tingkat Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) yang berlangsung dari tanggal 7 sampai dengan 10 Mei  di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Tinangkung.

Pelaksanaan Diklat tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru/tutor PAUD tentang konsep dasar dan implementasi kurikulum 2013 PAUD dalam kegiatan pembelajarn di kelas, memberikan penngetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam menentukan materi dan bahan ajar serta metode yang tepat dan efektif sesuai usia da karakteristik anak,motivasi guru/tutor PAUD untuk senantiasa berfikir kreatif dan inovatif sesuai perkembangan perubahan khususnya dalam dunia pendidikan kata Kabid Paud dan PNF Kabupaten Bangkep Drs. Yordan.

Pada sambutan Bupati Banggai Kepulauan yang dibacakan oleh asisten II Dra. Abderiana Loto, MM, sangat mengapresiasi atas di selenggarakannya diklat pengembangan kurikulum bahan ajar dan model pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) karena kegiatan seperti ini akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para tenaga Pendidik PAUD), kegiatan seperti ini juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan belajar mengajar di jenjang PAUD.

Hal ini menunjukan bahwa peran guru dalam proses pembelajaran pada PAUD sangatlah penting karena guru dapat mengembangkan petensi anak pada kegiatan-kegiatan yang edukatif untuk menciptakan generasi yang berkualitas pendidikan harus dilakukan sejak usia dini karena perilaku seorang terbentuk rentang pada usia dini. Pentingnya usia dini sehingga usia dini sering di sebut The Golden Age Atau usia Emas.

PAUD harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik,agar di masa emas perkembangan anak mendapatkan stimulasi yang utuh,sehingga mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh anak,salah astunya dengan pendidikan yang terstruktur, selain itu menjadi guru PAUD disiplin,sabar,ikhlas,solidaritas dan masi banyak lagi sifat yang dimiliki seorang guru PAUD. Menjadi guru PAUD terlihat mudah tetapi sebenarnya tidak, banyak hal yang haru diketahui dan dilakukan dalam melaksanakan tuganya sehingga anak didiknya bisa memahami apa yang diajarkannya. Untuk itu menjadi guru PUAD harus pandai berinovasi dan kreatif dalam memajukam PAUD di Kabupaten Banggai Kepulauan jelas Bupati.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten II Bidang Pengembangan Ekonomi Dra. Abderiana Loto, MM, Kadis Dikbud Mudin Sahata SP.MP, Kabid Paud dan PNF Drs. Yordan, Narasumber Rusnidari Salawali,S.Pd, dan Kepala, pengelola/tutor dari semua Kecamatan se-kabupaten Bangkep berjumlah 140 orang. Lina

 

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).