Salakan, Bangkepkab.go.id – Melalui Musrembang tigkat Kecamatan yang dilaksanakan oleh Pemda Banggai Kepulauan (Bangkep) khususnya Kecamatan Peling Tengah yang bertempat di Aulah BPU, Kepala Desa Kolak menyampaikan pentingnya Pemanfaatan Potensi Desa untuk menigkatkan ekonomi masyarakat, Sabtu 24 Februari 2018

Berbicara tentang potensi, yakin dan percaya semua desa itu mempunyai potensi yang baik untuk  mengembangkan perekonomian, tanpa terkecuali di Peling Tengah  banyak potensi desa khususnya di bidang pariwisata, kata Kades Kolak.

Salah satunya di desa Kolak kami mempunyai potensi wisata mangrove, di tahun 2015 melalui Badan Lingkungan Hidup kami adakan bantuan untuk penanaman  mangrove yang telah kami lakukan walaupun hanya sedikit yang hidup, artinya ini adalah salah satu potensi yang harus di kembangkan dan di jaga, sehingga kami telah  koordinasikan ke kecamatan  agar supaya di upayakan semaksimal mungkin untuk bisa menjadi tempat wisata kedepannya, tambahnya.

Dalam artian kita mempunyai terobosan yang dapat dipasilitasi dengan  Dana Desa, bahwa untuk bisa mengakomodir semua itu, kami laksanakan agar butul-betul pengelolaan wisata ini akan menjadi hal yang menarik agar masyarakat Bangkep bisa datang ke tempat wisata mangrove di desa Kolak, sehingga diharapkan  Pemerintah  Kecamatan  bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mmengembangkan  potensi desa tersebut.

Lanjut dari pada itu di bidang pertanian , pada tahun 2015 desa Kolak bersama desa tetangga menjadi duta wisata pohon manggis di Provinsi  Sulawesi Tengah, oleh karena itu melalui kesempatan ini, saya berharap kiranya pemerintah daerah bisa membantu kami agar potensi – potensi yang ada di desa kami ini bisa terselenggara sesuai dengan yang kami harapkan .

Kemudian dari pada itu, desa Patukuki punya Teluk Kerikil yang biasa di sebut dengan TKP, kami juga di desa Kolak mempunyai satu pantai kecil yang pada saat ini msyarakat masih menggunakan pantai tersebut untuk mandi yang tidak kalah bagusnya dengan TKP, Cuma pantai tersebut masih kecil di bandingkan dengan TKP.

Pengelolaan potensi desa yang dimiliki, baik di bidang Pariwisata, Perikanan dan pertanian akan terlaksana dengan baik  sesuai dengan yang kita harapkan apabila semua elemen –elemen yang ada bisa berjalan dengan baik dan setiap potensi desa   yang baik akan menambah pendapatan masyarakat itu sendiri, mengakhirinya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten I Bidang Sosial dan Pemerintahan, Beberapa anggota DPRD, Sekretaris Bappeda, Beberapa Kepala OPD, Kepala Desa Kecamatan Peling Tengah, Toko Adat, Toko Masyarakat, ketua BPD. Cici

 

 

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).