Salakan, Bangkepkab.go.id – Dinas Pertanian Banggai Kepulauan gelar Gebyar Siwab dan Panen Pedet tahun 2018 yang dirangkaikan dengan launching Klinik Inseminasi Buatan Terpadu yang dilaksanakan Senin, 14 Mei 2018 di Desa Palam Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep).

Kegiatan Gebyar siwab (sapi indukan wajib bunting) dan panen Pedet (anakan sapi) merupakan gerakan nasional Pemerintah melalui Dinas Pertanian dengan tujuan meningkatkan populasi dan mutu genetik ternak sapi secara signifikan.

Guna mewujudkan swasembada daging sapi dan pengentasan kemiskinan masyarakat pedesaan, sejalan dengan program Provinsi Sulawesi Tengah, yakni Sulawesi Tengah Sejuta Sapi tahun 2018.

Pemerintah berharap kegiatan ini dapat memotivasi para peternak dalam meningkatkan kualitas dan populasi ternak sapi di Kabupaten Banggai Kepulauan, sehingga para peternak sapi mengalami kesejahteraan dan perekonomian meningkat.

“Ditahun 2019 Kabupaten Bangkep melalui Dinas Pertanian menargetkan 2000 ekor Inseminasi buatan melalui dana APBD II yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah populasi sapi di Bangkep”, kata Plt. Kadis Pertanian Ir. Raden Bambang W.W.,MM.(14/5)

Dinas Pertanian Bidang Peternakan Kabupaten Banggai Kepulauan mengupayakan dua program utama yaitu melalui intensifikasi kawin alam dan melalui inseminasi buatan (IB). Olehnya himbauan dari Asisten III Awaludin SP.,MP kepada Dinas Pertanian khususnya Bidang Peternakan, untuk bisa benar-benar membantu para peternak dalam menjalankan program Gebyar siwab dan Panen Pedet di Kabupaten Banggai Kepulauan.

Sementara itu menurut Fatimah Lumbon Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Bangkep, dampak positif dari kegiatan ini yaitu menggugah masyarakat agar tertarik dan melihat langsung Inseminasi Buatan tersebut, sehingga masyarakat bisa tahu apa yang diprogramkan.(16/5)

Pada kesempatan ini juga diadakan Launching Klinik Inseminasi Buatan Terpadu, dengan harapan gedung ini dapat berfungsi sesuai dengan kegunaannya, sehingga peternak hewan khususnya sapi di Daerah ini semakin meningkat disetiap tahunnya.

Turut hadir Para Kepala OPD Kab. Bangkep, Unsur Forkopimda Bangkep, Camat Tinangkung Utara, Kepala Desa Palam, Staf/perwakilan Bank BRI Cabang Salakan, Tokoh Masyarakat serta Para Peternak.(Elsi)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).