Salakan, bangkepkab.go.id – Kegiatan Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) dan Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) tahun 2018 merupakan program inovasi Desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) bertempat di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Salakan Kecamatan Tinangkung Kab. Bangkep, Kamis (27/09/18).

Tema kegiatan sosialisasi ini adalah “Menjadikan Desa Inovatif dalam Pengelolaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa”. Pemerintah Kab. Bangkep menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan ini yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas dana desa sehingga masyarakat bisa berinovasi dalam mengembangkan potensi dan produk unggulan yang ada di masing-masing desa.

Program Inovasi Desa (PID) hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa serta merepitalisasi peran pendampingan dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa.

Pelaksanaan PID diharapkan mampu menstimulir munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan serta partisipatif desa dan antar desa. Pelaksanaan program inovasi desa merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam upaya peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu peningkatan kapasitas desa dilakukan melalui kegiatan pengelolaan pengetahuan desa dengan fokus pada bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan pengembangan sumber data manusia  dan infrastruktur desa.

Ada dua komponen utama dalam PID yaitu pertama, pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa adalah kegiatan penyebarluasan pembangunan inovatif dengan tujuan memberi inspirasi kepada desa untuk memperbaiki kualitas perencanaan desa dan yang kedua penyedia peningkatan kapasitas teknis desa yaitu bertujuan agar desa-desa mendapatkan jasa pelayanan teknis secara lebih dan berkualitas dari lembaga profesional.

Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID) dan P2KTD merupakan komponen penting Program Inovasi Desa yang berperan membantu desa dalam mewujudkan komitmen inovasi desa baik perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan di desa.

“Dalam kesempatan ini dua komponen utama program inovasi desa, kita mulai pada hari ini tanggal 27 sampai 28 september 2018 untuk disosilaisasikan pada Tim Inovasi Kabupaten dan Tim pelaksana Inovasi di Desa”, kata Sekdis Dinas PMD Kab. Bangkep Samel Bagilis S.sos.MM.

Selanjutnya kegiatan ini diharapkan bisa berguna kepada kita semua untuk meningkatkan potensi yang ada di desa-desa sehingga desa kita bisa mengarah kepada desa mandiri desa yang inovatif yang pada akhirnya diharapkan ini berdampak pada kesejahteraan masyarakat, sambung Samel.

Inovasi akan membawa perubahan besar bagi desa, sumber daya desa akan semakin bersaing infrastrukturnya menjadi lebih baik yang akan secara tidak langsung menggerakkan ekonomi di desa. Yang berimbas pada perubahan ekonomi kab. Bangkep secara keseluruhan.

Kegiatan ini memperkenalkan pentingnya penyedia kapasitas teknis desa yang mendukung pelaksanaan Undang-Undang Desa program inovasi desa khususnya bidang kewirausahaan pengelolaan SDM dan infrastruktur serta menyusun profil P2KTD di kab. Bangkep.

Maksud kegiatan ini untuk mewujudkan kegiatan pembangunan desa yang inovatif dan lebih berkualitas membantu Pemerintah Daerah dalam menyediakan layanan teknis yang dibutuhkan serta meningkatkan kapasitas kelembagaan desa dan kader pemberdayaan desa.

“Untuk itu saya berharap melalui sosialisasi ini akan menjadikan pelaku dan pemangku kepentingan yang terkait dapat mengetahui filosopis teknis serta memandu dalam memfasilitasi pelaksanaan kegiatan P2KTD sehingga desa memiliki kualitas perencanaan pembangunan desa dalam memanfaatkan dana yang menjadikan desa lebih produktif”, kata Asisten I Sosial dan Pemerintahan Drs. Muchsin Sasia MM.

Pemerintah Kabupaten Bangkep sangat berkomitmen agar seluruh desa di Daerah ini berubah menjadi semakin baik perbaikan desa akan terwujud jika aparatur desa terus didorong untuk delalu meningkatkan pengetahuan dalam penggunaan dana desa yang efektif, sambung Muchsin.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi, Perwakilan Kadis PMD Provinsi Sulteng, Para Kepala OPD, Para Camat se Kab. Bangkep, Tim Inovasi Kabupaten Bangkep, Para Tim Pelaksana Inovasi Desa se Kab. Bangkep, para pengurus PPID Kab. Bangkep, Tim pendamping Profesional Ka. Bangkep, serta peserta sosialisasi. (Elsi)

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).