Salakan, Bangkepkab.go.id – Sosialisasi Advokasi dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) peningkatan peran organisasi kemasyarakatan dalam mendukung program Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB), pemberdayaan peningkatan peran serta masyarakat dalam kesertaan ber KB dan pertemuan penyuluhan lapangan keluarga berencana Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep).

Kegiatan ini merupakan program dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3P2KB) Kab. Bangkep dilaksanakan di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Tinangkung Kab. Bangkep, selasa (04/09/18).

Maksud pelaksanaan kegiatan advokasi dan KIE workshop pengembangan sumber daya manusia serta konseling KB untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) serta memasyarakatkan gagasan-gagasan tentang keluarga berencana dan menjaring partisipasi dan peran serta masyarakat dalam program keluaraga berencana menuju keluarga sehat dan sejahtera.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan untuk mendorong terjadinya proses perubahan pengetahuan sikap dan perilaku masyarakat terhadap program keluarga berencana serta membangun pemahaman dan persepsi yang sama antar Pemerintah dan masyarakat dalam mendukung program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), sehingga menimbulkan rasa kepercayaan kepada masyarakat atas program atau kegiatan yang dilaksanakan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kebahagian keluarga.

Kepala Dinas P2KB Prov. Sulteng Faridah Lamarauna SE.M.Si mangatakan dibutuhkan peran Pemerintah dan masyarakat untuk bersinergi dalam mewujudkan Daerah dan Bangsa yang sejahtera untuk mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan keluarga yang berkualitas dilakukan melalui pengendalian angka kelahiran dan penurunan angka kematian mengarahkan mobilisasi penduduk pengembangan kualitas penduduk pada masa dimensi penyiapan dan pengaturan perkawinan sehingga tingkat penduduk menjadi sumber daya manusia yang tanggung mampu bersaing dan menikmati hasil pembangunan.(4/9)

Dalam sambutan Bupati Bangkep yang disampaikan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia (SDM) Ekasilawati Sipatu S.Pd.M.Kes menghimbau kepada para Kader dan PKK agar senantiasa meningkatkan kinerjanya, dalam artian mengajak kepada masyarakat untuk turut serta dalam kesertaan ber KB, sehingga terciptanya keluarga sehat sejahtera.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, sikap dan perilaku budaya dan nilai melalui pendayagunaan kekuatan advokasi dan KIE dalam menjamin kelangsungan keberhasilan program KB kepada masyarakat sesuai dengan visi advokasi dan KIE Program KKB yakni terwujudnya komitmen pengambil keputusan, mitra kerja serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman keluarga, sambung Eka.(4/9)

Menurut Kepala Dinas P3P2KB Dra. Jeane B. Rorimpandey, melalui kegiatan ini bisa membantu program KKBPK yang ada di Banggai Kepulauan, bagaimana kita selaku tokoh masyarakat, Tim Penggerak PKK dan selaku petugas lapangan bisa lebih memperhatikan tentang keberadaan yang menyangkut program KKBPK Kab. Bangkep.

Jeane juga berharap “kita bisa diberikan motifasi dan tentunya lebih diberikan tanggungjawab untuk bagaimana kita bisa mengembangkan program-program yang ada di Dinas kita kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Banggai Kepulauan”.(4/9)

Turut hadir dalam kegiatan Asisten II Bupati Bangkep, Unsur Forkopimda Kab. Bangkep, Narasumber dari BKKBN Prov.Sulteng, Ketua IBI Bangkep, Para PLKB, Para Penyuluh KB, Tim Penggerak PKK Kab. Bangkep, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Lembaga masyarakat serta Organisasi Masyarakat lainnya.(Elsi)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).