Salakan, Bangkepkab.go.id – Pelaksanaan Launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Dan Kampanye Imunisasi Measles-Rubela (MR) Tingkat Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), dalam kegiatan ini diawali dengan senam sehat dilanjutkan makan buah bersama dilaksanakan di Lapangan Trikora Salakan Selasa (7/08/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bangkep dr. Silveria O. Bailia. MM mengatakan GERMAS merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan  kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

Germas juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dalam upaya dibawah payung aksi promotif dan preventif serta menurunkan resiko utama penyakit menular dan tidak menular terutama melalui peningkatan aktifitas teratur, konsumsi sayur dan buah serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, sambung dr. Silveria yang selaku juga selaku Ketua Panitia.

Campa dan Rubela dapat diberikan kepada anak-anak yang berumur 9 bulan sampai umur 15 tahun, sasaran yang diberikan adalah anak-anak Sekolah, SD, dan TK, PAUD dan anak-anak yang berada di Posyandu dan wilayah rumah sakit ataupun Puskesmas yang ada sarana kesehatannya, artinya untuk mencegah terjadinya virus Rubela atau virus Campa ini masuk ke dalam tubuh anak-anak kita, supaya anak-anak kita bisa menjadi hidup sehat cerdas.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Reny Ardiawati Lamadjido, Kita tahu kalau Campa mengena anak-anak kita, maka terjadi komplikasi seperti batuk-batuk kemudian itu bisa menyebabkan kematian. Sedangkan Rubela sendiri itu menurut ilmu kedokteran salah satunya beberapa dampak jika terkena virus Rubela (1). bisa mengenai mata pada anak-anak (2). telinga bisa menjadi tuli (3). bisa kelainan jantung bawaan dan juga bisa menjadi radang otak.

Pesan Gubernur Sulawesi Tengah yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Reny Ardiawati Lamadjido agar seluruh anak Sulawesi Tengah dibawah ke pos pelayanan imunisasi terdekat yaitu sekolah, posyandu, fasilitas kesehatan rumah sakit, klinik dan lain-lain.

Untuk memperoleh Meales- Rubela, kerana dengan imunisasi Meales-Rubela (MR) kita menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas dan bangsa Indonesia yang sehat, berkualitas produktif dan berdaya saing.

Sambutan Bupati yang disampaikan oleh Ekasilawati Sipatu, AMK, S.Pd, M.Kes selaku Staf Ahli, Menindak Lanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, No 1 Tahun 2017 tentang GERMAS dalam rangka mempercepat dan mengsirganiskan tindakan promotif dan prenpentip hidup sehat guna meningkatkan produktifitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit, diseluruh tanah Air termasuk di Daerah Kabupaten Bangkep.

Apalagi diseluruh Wilayah Sulawesi Tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan sakit akibat penyakit tidak menular antaranya seperti struk, jantung dan diabetes, sambung Eka.

Kegiatan ini dihadiri oleh Para Staf Ahli lingkup Pemda Kab.Bangkep, Para Kepala OPD, Kapolres Bangkep, Pabung Kodim 1308-LB, Pimpinan Organisasi Masyarakat, Organisasi Wanita TP-PKK, Dharma Wanita Persatuan, Ibu-ibu Bhayangkari dan Ibu-ibu Persit, Organisasi se-Kabupaten Bangkep, Camat se-Kabupaten Bangkep, Kepala Puskesmas Kab. Bangkep, Kepala Kelurahan dan Kepala Desa Kecamatan Tinangkung, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Seluruh ASN dan Pegawai Honorer Lingkup Pemerintah Kab. Bangkep dan Segenap Masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan.(Lina)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).