Salakan, Bangkepkab.go.id – Pelaksanaan program sosialisasi administrasi kependudukan yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat di Gedung BPU Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Senin (27/8/2018).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) H. Abd. Haris Yotolemba SH.,M.Si, dengan maksud untuk meningkatkan pemahaman bahwa begitu pentingnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang memberikan informasi bagi masyarakat untuk melengkapi dokumen dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Haris, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akta Kelahiran dengan harapan meningkatnya pemahaman masyarakat yang akan berdampak pada tertibnya administrasi kependudukan.

Tujuan dilaksanakannya sosialisasi di Kabupaten Banggai Kepulauan ini untuk percepatan kepemilikan akta kelahiran anak yang masih berusia 0-18 tahun, khususnya di Kab. Bangkep. Tidak hanya itu tujuan lain dilaksanakannya program ini yaitu untuk meningkatkan dan memaksimalkan peran dan fungsi kerja penyelenggaraan Pemerintah dalam pelayanan administrasi pencatatan sipil.

Abd. Haris mengatakan Sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberikan informasi penting bagi masyarakat yang akan atau yang ingin membuat kelengkapan dokumen yang akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih dipermudah tentang informasi penting yang disosialisasikan para penyelengara.

Para penyelenggara membuat sasaran atau target untuk menyebarluaskan informasi yang penting ini dengan cara menyampaikan kepada DISDUKCAPIL Kab.Banggai Kepulauan, Camat se-Kabupaten Banggai Kepulauan, Kepala Desa dan Lurah se- Kabupaten Bangkep, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan disertakan juga dengan instansi lintas sektoral terkait dengan pencatatan sipil, kata Ketua Panitia Muh. Nur S.STP., M.Si.(27/8)

Peran Pemerintah dalam mendukung GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi) terkait dengan pencatatan sipil di Kab.Banggai Kepulauan tahun 2018 ini juga didukung oleh dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) melalui Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA).

Hasil yang diharapkan untuk kegiatan yang disosialisasikan ini adalah terwujudnya segala sesuatu yang diselenggarakan oleh para penyelenggara di Provinsi Sulawesi tengah, khususnya bagi masyarakat yang berada di Kab.Bangkep agar lebih menambah pengetahuan tentang pencatatan sipil dan pelengkapan dokumen-dokumen yang digunakan dikehidupan sehari-hari.

Turut hadir dalam kegiatan Ketua Komisi I DPRD Prov. Sulteng, Kepala Dinas Dukcapil Kab. Bangkep, Para Kepala OPD Kab. Bangkep, Para Camat Se-Kab.Bangkep, Para Kepala Desa dan Lurah Kab.Bangkep, Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat.(Reza)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).