Salakan, Bangkepkab.go.id – Festival Sea-Sea merupakan salah satu program kegiatan KKN-PPM Universitas Gadja Mada Yokyakarta tahun 2018, yang dilaksanakan di Desa Luk Panenteng Kecamatan Bulagi Utara Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), selasa (14/08/18).

Masyarakat Desa Luk Panenteng sangat antusias dalam kegiatan ini, selama satu minggu sebelum kegiatan festival, para masyarakat sudah membangun panggung dan menyiapkan tenda guna menyambut Direktur Pembangunan Ekonomi Kawasan Pedesaan, Plt. Bupati Bangkep, Pembimbing Lapangan KKN-PPM UGM serta Pemerintah Kab. Bangkep dan Masyarakat dari Kabupaten, Kecamatan dan Desa-desa lain.

Masyarakat Luk Panenteng yang terdiri dari tiga (3) dusun termasuk sub Desa Poganda sangat mendukung program-program kegiatan dan menyambut baik mahasiswa KKN-PPM UGM, semua itu tak luput dari dukungan Pemerintah Kabupaten sampai Kecamatan agar kegiatan berjalan baik dan lancar.

Mahasiswa berjumlah 30 orang yang datang tanggal 30 Juni 2018 dan mengambil tema tentang Pariwisata karena menurut Rian Abid Nugroho selaku Koordinator Mahasiswa Unit KKN-PPM UGM 2018 bahwa Desa Luk Panenteng sangat luar biasa memiliki potensi pariwisata alam yang sangat luar biasa bagus mulai dari laut dan terumbu karang, permandian Danau Paisi Pok, mata air Paisu Batango serta Pantai pasir putih Poganda dan lain-lain.

Selama kurang lebih 50 hari mahasiswa dan masyarakat Desa Luk Panenteng bekerjasama dalam membangun dan memperbaiki tempat-tempat wisata, tidak hanya fisik tapi kemudian ada sistem pengelolaannya yang berbasis Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) karena sistemnya yang akan membantu dalam keuangan desa sehingga dapat dinikmati oleh desa itu sendiri, sambung Rian.

Selanjutnya tidak hanya tempat wisata tapi adanya hasil-hasil produk lainnya seperti kerajinan, kaos, makanan dan lain-lain, ujar Rian Abid.(14/8)

Mahasiswa sangat bersyukur karena dalam kegiatannya diberikan kesempatan untuk belajar tentang bagaimana menjadi Pemerintah Desa serta membantu dalam tugas-tugas aparat Desa, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari kegiatan-kegiatan mahasiswa KKN merupakan hasil bersama dengan masyarakat Desa Luk Panenteng.

Edison E. Moligay selaku Camat Bulagi Utara mengharapkan agar Desa Luk Panenteng ini menjadi binaan UGM di bidang kepariwisataan dan semoga Desa Luk Panenteng ini menjadi icon yang sering dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar Negeri.(14/8)

Sementara itu, menurut Pj. Kepala Desa Luk Panenteng Yeriko Yalimang SH, dalam kegiatan program mahasiswa KKN, Pemerintah Desa sangat berterima kasih karena sudah membantu dalam proses Eko wisata serta dapat membangun program Pemerintah demi kesejahteraan Masyarakat.(Elsi)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).