Diskominfo  Salakan – Tanggapan Diskominfo Bangkep Tentang Keberadaan Jaringan Internet yang masih minim, kini perlahan mulai teratasi. Adanya proyek Palapa Ring oleh PT. LEN Telekomunikasi Indonesia, memberikan angin segar terhadap perbaikan sarana internet di berbagai pelosok Kabupaten Banggai Kepulauan.

Manajer lapangan  PT. LEN Telekomunikasi  Indonesia Eko Laksono mengemukakan, proyek Palapa Ring merupakan proyek pemerintah  dalam melakukan penyebaran serat fiber nasional.

Proyek Palapa Ring juga sebagai inisiasi dari pemerintah  untuk penyebaran akses internet ke seluruh wilayah di Indonesia, baik itu Barat, Timur, maupun wilayah Indonesia bagian Tengah, salah satunya termasuk pulau Sulawesi dan sekitarnya.

Tujuan dari pembangunan Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Nasional Palapa Ring  adalah  membuat biaya di operator seluler, fixed broadband dan internet secara umum menjadi lebih murah.

Sehingga pada akhirnya masyarakat juga bisa menikmati murahnya internet atau pun komunikasi lainnya, dan juga memberikan peluang bisnis  bagi industri UKM di pelosok daerah, serta dapat juga meningkatkan taraf hidup masyarakat lewat ekonomi digital.

Untuk  Piber Optik Palapa Ring  di Sulawesi Tengah ada beberapa pulau yang akan menjadi rute jaringan Fiber Optik Palapa Ring, antara lain Luwuk – Salakan – Banggai Laut – Taliabu – Sanana, yang saat ini progresnya sudah mencapai 85%  kurang menunggu kabel   yang dihubungkan melalui laut.

Kabel tersebut akan dikirim dari Jerman  dan diperkirakan akan tiba ke Indonesia kurang lebih 30 hari. “Sehingga rencana untuk Pulau Sulawesi Tengah akan terkoneksi jaringannya  pada akhir tahun 2017,” kata Eko Laksono saat memaparkan hasil pembangunan Jaringan Fiber Optik, Selasa (3/10) di Kantor  Diskominfo, Kecamatan tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep).

Eko menambahkan untuk  menghubungkan jaringan, selain  dipasang di darat  juga dipasang di laut,  seperti penggelaran FO, juga pembangunan BMH  dan TS yang di kerjakan oleh PT. LEN Telekomunikasi Indonesia dan jaringan Fiber optic.

Berupa  pembangunan jaringan  sistem Komunikasi  Kabel Bawah Laut (SKKL) yang dilaksanakan oleh PT. Bina Nusantara Perkasa yang nantinya akan tersambung dari Banggai, Bangkep, Banggai Laut, Taliabu dan Sanana.

Pembanguna Fiber Optik Palapa Ring  Paket Tengah, segmen M7 pendaratan BMH Salakan pada posisi Koordinat 123̊ 23’ 41, 10”BT/01̊ 13’57,24” LS, berada di desa Lalong, Kecamatan Tinangkung Kabupaten Bangkep.

Pembangunan BMH itu sendiri sampai saat ini sudah  mencapai 90%  tinggal menunggu kabel dari Laut masuk dan langsung disambungkan ke BMH, sedangkan untuk kabel darat sudah hampir semua sampai ke BMH (MC Bangkep/ Cici)