Kepala Diskominfo Kukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat

Diskominfo Salakan – Solidaritas kinerja yang dihimbau oleh Bupati Bangkep di wujudkan oleh Kepala Diskominfo. Menanggapi himbauah Bupati untuk menjalin solidaritas di setiap lapisan masyarakat, saat ini Kepala Diskominfo melakukan langkah nyata dengan mengukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Ir Kondrad D Galala MM mengukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), beranggotakan 21 orang di Pantai Tebeabul Desa Bakalan, Kecamatan Tinangkung, Kamis (19/10).

Dengan pengukuhan itu,  total KIM yang telah dikukuhkan di Bangkep saat ini,   berjumlah 13 kelompok.  Pada kesempatan itu, Kadis Kominfo memberikan Surat Keputusan (SK) serta memberikan satu buah buku panduan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) kepada ketua kelompok yang telah dikukuhkan.

Ir Kondrad D Galala menjelaskan, Kelompok Informasi Masyarakat merupakan kelompok yang dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif dengan aktifitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan dalam rangka meningkatkan nilai tambah dengan  tujuan untuk menciptakan kemandirian, kreatifitas, kaya informasi, berdaya dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat.

Kadis Kominfo juga berharap agar masyarakat dapat memilih dan memilah berita mana yang benar, baik  dan bermanfaat sehingga mampu  menangkal berita hoax.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Industri Pariwisata  Zainudin Malingong,SE memotivasi masyarakat agar mampu mandiri mengelola potensi wisata dengan cara bekerja sama dengan semua pihak termasuk SKPD yang ada di Kabupaten Banggai Kepulauan.

Sementara itu, Camat Tinangkung Din Lamasada SH berharap, Kelompok Informasi Masyarakat yang telah dikukuhkan dapat bertugas dengan baik, karena KIM ini merupakan saluran bagi masyarakat untuk mengakses informasi yang bersifat positif.

Sedangkan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Elisabeth A.Langitan,SH juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang aktivitas Kelompok Informasi Masyarakat yang disebut ADINDA.

Dijelaskan, A merupakan Akses Informasi, yaitu melakukan aktivitas untuk mengakses informasi dari berbagai sumber, baik sumber langsung maupun tidak langsung, D merupakan Diskusi tentang informasi, yaitu setelah mengakses informasi kemudian dilakukan diskusi tukar menukar informasi, dan memecahkan masalah

Kemudian, I merupakan Implementasi, yaitu tahapan yang sebelumnya diputuskan akan menerapkan atau mendayagunakan pengetahuan atau informasi yang diperoleh, N adalah Networking, suatu kegiatan membangun network atau jejaring, baik sesama KIM maupun pihak terkait.

D adalah Diseminasi  Informasi, artinya penyebarluasan informasi yang sudah diolah dan bermanfaat bagi masyarakat, dan A adalah Advokasi Aspirasi, suatu kegiatan mendampingi masyarakat.

Sekdis mengingatkan bahwa maju dan berkembangnya potensi wisata Pantai Tebeabul tergantung adanya dukungan dari pemerintah daerah (Pemda). (McBangkep/Cici)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).