Diskominfo Salakan – menindak lanjuti himbauan Bupati Banggai Kepulauan H. Zainal Mus yang meminta kepada jajaran pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh politik, tokoh pemuda, dan masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan agar senantiasa memberikan dukungan kepada kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati  yang talah dilantik. Setelah dilantik, oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Bupati Banggai Kepulauan H. Zainal Mus medorong kinerja dalam pemerintahnnya dengan melakukan pelantikan Direktur PDAM dan staf khusus Bupati.

Pejabat baru yang dilantik oleh Bupati Banggai Kepulauan H. Zainal Mus adalah Direktur PDAM Kabupaten Banggai Kepulauan Moh. Hatta Mayuna, ST dan tiga staf khusus Bupati, dalam suatu acara pelantikan yang berlangsung di Pendopo Rumah Jabatan Bupati  Banggai Kepulauan, Senin (29/5).

Ketiga staf khusus Bupati yang dilantik hari itu adalah Drs.Kornelis Yabie Staf Bidang Khusus Ekonomi, Keuangan dan Pengawasan, Baharuddin Nur, S.Pd Staf Khusus Bidang Politik, Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat ,  serta H. M. Soloti Staf Khusus Bidang Keamanan.

Pengukuhan dan Pelantikan  Direktur Utama PDAM Kabupaten Banggai Kepulauan, didasari dengan Permendagri Nomor 2 Tahun 2007 tentang  Organ dan Kepegawaian PDAM.

Pelantikan 3 Staf khusus Bupati dilaksanakan berdasarkan Permendagri Nomor 37 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan APBD pada Point 19 yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Banggai Kepulauan. “Pengangkatan Staf Khusus ini bersifat Adhoc  dan berlaku satu tahun dan dapat diperpanjang selama masih dibutuhkan,” kata Bupati pada sambutannya

Staf Khusus Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pengurusan Pembanggunan, dengan tugas memberikan masukan, saran, pertimbangan, evaluasi dan koreksi serta Pengawasan Pembanggunan, yang meliputi pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, perdagangan dan pendapatan daerah termasuk Perusahaan Daerah

Staf Khusus Bidang Politik, Pemerintah dan Kesra, dengan tugas meliputi perkembangan politik/perpolitikan, perkoperasian, kependudukan, kesehatan, perlindungan perempuan dan anak, perlindungan manula, pembinaan pemerintah desa, Pendidikan, olahraga, serta seni budaya.

Staf Khusus Bidang Keamanan, meliputi upaya deteksi dini kondisi keamanan dan pengamanan lokasi sekitar kegiatan Bupati dan Wakil Bupati, berkoordinasi dengan aparatur terkait di antaranya Satpol PP dan Polri.

Dengan dilantiknya Direktur PDAM yang baru, Bupati berharap, dapat melaksanakan tugas dengan baik dan benar, sehingga kebutuhan utama, dalam hal ini ketersediaan air dapat terpenuhi dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat Banggai Kepulauan.

Pelaksanaan  Pelantikan dan Pengukuhan  ini dihadiri oleh  Ketua DPRD Muhamad Rizal Arwie, Asisten, Kepala OPD, para Staf dan Tokoh Masyarakat. (McBangkep/Cici)