Salakan, Bangkepkab.go.id Penyelenggara jasa Telekomunikasi wajib melakukan registrasi ulang bagi pelanggan prabayar yang belum melakukan registrasi, paling lambat tanggal 28 februari 2018 demi kenyamanan dan ketertiban dalam berkomunikasi. Penetapan ini diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Registrasi ini merupakan upaya Pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan terutama pelanggan Prabayar sebagai komitmen Pemerintah dalam upaya memberikan perlindungan kepada konsumen serta untuk kepentingan National Single Identity.

Untuk cara registrasi kartu perdana dilakukan dengan mengirimkan SMS ke 4444 dengan Format REG(spasi)NIK#NomorKK#, Sedangkan untuk pelanggan lama dengan format ULANG(spasi)NIK#NomorKK#.

Apabila pelanggan tidak atau terlambat melakukan registrasi pada batas waktu yang telah ditentukan, yakni pada tanggal 28 februari 2018, maka kartu aktif yang dipakai pelanggan menjadi tidak dapat dipergunakan lagi.

“Registrasi kartu sangat perlu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sesuai dengan keputusan Menteri Kominfo, sehingga tugas kita adalah menginformasikan ke masyarakat mengenai proses registrasinya”, kata Ami selaku Supervisor TDC Support Salakan saat memberikan keterangan mengenai Registrasi kartu di Kantor Diskominfo Bangkep, Jumat 23/2/2018.

Pihak Telkomsel juga mengharapkan Pemerintah agar sama-sama bekerja sama dalam menginformasikan tentang registrasi SIM Card agar supaya mempermudah untuk melacak nomor yang sering melakukan penipuan terhadap masyarakat, kata salah satu Sales Force di TDCS Salakan.

Mengenai hal tersebut Ir. Kondrad D. Galala selaku Kadis Kominfo Kabupaten Banggai Kepulauan(Bangkep) menyatakan bahwa memang benar regulasi Pemerintah melalui Kementerian Kominfo mengharuskan registrasi SIM Card Prabayar, sehingga kami pun Dinas Kominfo ikut menghimbau agar bagi yang belum sangat diharapkan registrasi sebelum tanggal 28 februari 2018 yang tinggal beberapa hari lagi, agar tidak kena sanksi yakni pemblokiran nomor SIM Card.(Elsi/Cici)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).