Pelepasan Calon Jamaah Haji Bangkep oleh Bupati

Diskominfo Salakan – Menunjukkan komitmen dengan memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat. Bupati Bangkep melakukan pelepasan Calon Jamaah Haji. Setelah sebelumnya Wakil Bupati melakukan pelepasan kepada Peserta  Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI). Kegiatan ini menunjukkan komitmen pemerintahan Kabupaten Banggai Kepulaun dalam memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan golongan, ras, suku dan agama.

Bupati Banggai kepulauan H. Zainal Mus melepas keberangkatan 33 orang Calon  Jama’ah Haji untuk  melaksanakan Rukun Islam  ke lima Tahun  1438 H/2017.M, Jumat (4/8) sPukul 14.00 Wita di  Masjid Pancasila, Desa Tungabe,  Kecamatan  Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan.

Pada kesempatan itu Bupati H. Zainal Mus menyampaikan harapannya kepada calon jamaah haji untuk memahami hakikat Jama’ah Haji dan mampu mampu bertindak menjadi Duta Bangsa yang berbaur dengan Suku Bangsa serta menghormati Tradisi Bangsa lain.

“Selain itu beribadah secara total, serta menjaga kesehatan  selama menjalankan ibadah puasa,” kata Bupati pada sambutan dihadapan para calon jama’ah haji.

Calon jamaah haji itu berasal dari beberapa kecamatan,yaitu Kecamatan Tinangkung berjumlah 17 orang,  Kecamatan Totikum Selatan 1 orang, Kecamatan Bulagi Selatan 1 orang, Kecamatan peling Tengah 6 orang,  Kecamatan Tinangkung Selatan 3 orang dan Kecamatan Tinangkung utara 5 orang.

Calon jamaah haji itu yang terdiri dari laki-laki berjumlah 17 orang, perempuan 16 orang, diberangkatkan terbagi dalam 3 regu,  dengan  masing-masing regu berjumlah 10 orang anggota, ditambah dengan  3 orang ketua regu dan 1 orang ketua rombongan.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banggai Kepulauan Mohammad  Shohif, SPd.I mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji merupakan rangkaian kegiatan bersama, yang melibatkan berbagai pihak, baik di Tanah Air maupun di Arab Saudi, sehingga memerlukan kerjasama yang baik, koordinasi yang dekat dan intensif, manajemen yang baik dan professional, penanganan yang cermat serta dukungan sumber daya manusia yang handal dan amanah.

Penyelenggaan Ibadah haji dilakukan atas prinsip-prinsip, diantaranya mengedepankan kepentingan  Calon Jama’ah Haji, memberikan keadilan dan kepastian, efisiensi dan efektivitas, transparansi dan akuntabilitas, serta profesionalisme.

“Prinsip-prinsip tersebut diaktualisasikan dalam semua kegiatan yang terkait dengan penyelenggaraan Ibadah Haji, baik dalam pembinaan, pelayanan maupun perlindungan pada  Calon Jama’ah haji,” jelasnya.

Acara Pelepasan Calon Jama’ah Haji itu  dihadiri pula Wakil Bupati Bangkep H. Rais D.Adam, Kapolres AKBP Idham  Mahdi.SIK Map,  Asisten I, Kapolsek Tinangkung,  Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banggai kepulauan Mohammad  Shohif, SPd.I,  Forkopimda, Kabag Ops Polres Bkp Kompol Dj.Darise, IPTU Beny Tiiyo,Tokoh Masyarakat,  Kabag Hukum, Kabag Kesra, Kabag Humas Protokol, Kadis Pertanian, Kadis Kesehatan, Camat Tinangkung Din Lamasada,  Pol-PP, Tokoh Agama,tokoh adat, dan tokoh pemuda. (McBangkep/Cici)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).