Salakan Bangkepkab.go.id – Mahasiswa Universitas Gaja Mada Yogyakarta laksanakan Kuliah Kerja Nyata  Pendidikan dan  Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) angkatan ke XV di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) selama dua bulan yang  bertempat di salah satu desa Kecamatan Bulagi Utara, yaitu  desa Lukpanenteng  dengan jumlah mahasiswa 30 0rang dari 18 Fakultas di UGM, yang dikelompokan kedalam  4 kelaster (1) kelaster sosial  manurai, yang terdiri dari mahasiswa hukum, ekonomi, budaya, psikologi, filsafat, Fisippol, (2) kelaster agro, kehutanan, teknologi pertanian, pertanian, perikanan, peternakan, kedokteran hewan, (3) kelaster  fisik dan prasarana yakni tehnik,  Fakultas yang berkaitan dengan fisik, (4) kelaster medik,  yakni kedokteran, farmasi, dokter gigi, dokter gizi kata Drs Hendrie Adjikusworo, M.Sc. Ph.D yang merupakan dosen pembimbing mahasiswa UGM tersebut.

KKN-PPM  merupakan perkembangan paling efektif dari mahasiswa di perguruan tinggi untuk mengefektifkan Three Darma perguruan tinggi yakni Pendidikan,Penelitian dan Pengabdian masyarakat.“Lanjut dari itu, kata Hendrie tema KKN-PPM ini adalah  Ekowisata, mudah-mudahan  proses pembelajaran pada  lingkungan ekowisata bisa mendorong  tercapainya Visi dan Misi Bupati Banggai Kepulauan dalam  mendorong masyarakat agar bisa maju, bermartabat dan sejahtera lewat Ekowisata. Jadi kami berharap dengan ekowisata tersebut bisa menjadi jembatan untuk mempercepat kesejahteraan tersebut, tambahnya.

Sebelum Mahasiswa  KKN-PPM ini di serahkan di lokasi  yang menjadi tempat KKN, rombongan  mahasiswa UGM bersama  dosen adakan tatap muka bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan yang diterima oleh  Plt. Sekretaris Daerah Drs. Rusli Moidady, ST.,MT Kamis (28/Juni/2018) di Ruang Rapat Kantor Bupati.

Di awal sambutan Bupati Banggai Kepulauan H. Zainal Mus yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah Drs. Rusli Moidady, ST.,MT mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim KKN-PPM  UGM bersama para dosen pembimbing di Kabupaten Banggai Kepulauan, merupakan suatu kebanggaan bagi kami selaku pemerintah dan masyarakat karena daerah kami merupakan salah satu daerah yang di tujuh oleh mahasiswa UGM, yang merupakan salah satu Universitas ternama di Indonesia untuk melaksanakan KKN-PPM di daerah kami.

“Selanjutnya, berkaitan dengan tempat KKN-PPM, tentunya terdapat banyak kekurangan, namun KKN-PPM merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa yang dikembangkan melalui pengabdian kepada masyarakat yang berbasis hasil – hasil penelitian dan pelaksanaanya ditujukan untuk menumbuh kembangkan empati kepedulian sipitas Akademika UGM terhadap berbagai masalah real di masyarakat.

“Selaku pemerintah daerah, kami berharap semoga mahasiswa KKN-PPM UGM bisa memberikan kontribusi positif untuk kerangka berfikir masyarakat desa, serta mahasiswa juga harus bisa menyerap  kearifan lokal masyarakat, sehingga ilmu yang diperoleh dalam perkuliahan benar – benar diterapkan di tempat KKN-PPM.

Diakhir sambutannya, Beliau berharap semoga semua kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat dan juga kepada mahasiswa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten II, staf khusus Bupati, Kadis Pariwisata, Kadis Kominfo  dan beberapa OPD, Camat Bulagi Utara, Para Alumni UGM, Dosen Pembimbing  serta Mahasiswa KKN-PPM UGM.Cici.

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).