Salakan, Bangkepkab.go.id- SiMAYA, apa pula itu ?.. Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses serta mekanisme kerja atau prosedur dalam sistem manajemen pemerintahan, maka perlu dilaksanakan dan dikembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-Government). Salah satu upaya ke arah tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengembangkan sistem administrasi perkantoran secara elektronik dengan fitur yang terintegrasi.

Mendukung misi pertama Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memperkenalkan Aplikasi siMAYA. SiMAYA yaitu sistem administrasi perkantoran maya merupakan aplikasi e-office yang telah disempurnakan dari aplikasi e-office sebelumnya yang disusun mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 6 Tahun 2011 tentang Tata Naskah Dinas Elektronis di Lingkungan Instansi Pemerintah dan sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018  tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Kadis Bersama Kabid dan Staf Kominfo sedang pemahiran Penggunaan Aplikasi Simaya

 

Dalam siMAYA fitur-fitur yang teritegrasi dan terekam secara digital seperti proses kegiatan kedisiplinan, eKinerja aktifitas kinerja staf, surat menyurat, buku tamu dan pelaporan  serta tunjangan penghasilan dan laporan yang dilakukan secara elektronik dengan akses internet memanfaatkan HP, tablet, laptop atau PC.

siMAYA dapat diakses dimana saja asal tehubung internet walaupun pimpinan tidak ada di tempat dapat membaca aktifitas kinerja dan melihat foto kegiatan staf, dan juga  memberikan disposisi kepada pejabat yang ditunjuk karena semua pejabat diberikan akun siMAYA. Atasan langsung melakukan verifikasi benar atau tidak benar atas aktifitas kinerja  yang disajikan staf, dan apabila benar maka saat itu juga akan keliahatan berapa nilai rupiah tunjangan yang diperoleh.  Demikian yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banggai Kepulauan Ir. KONDRAD D. GALALA, MM.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berniat menggunakan siMAYA dapat Menyiapkan Username2 Kepala dan ASN dulu, lalu menghubungi Ibu Ramnah 082271349922 untuk Mendapatkan Password Standar. Password ini bisa dirubah oleh User yang bersangkutan, User dapat Masuk ke  https://siMAYA.go.id  Semua proses biaya gratis.

Adapun manfaat siMAYA yaitu antara lain mempercepat proses pengambilan keputusan Pimpinan.  Penerapan siMAYa meningkatkan efektifitas kerja, menyangkut pendistribusian serta menghindari tercecer atau hilangnya surat.  Pengiriman dan pengecekan sudah sampai sejauh mana proses surat tersebut dapat dilakukan setiap saat oleh stiap jenjang atasan, surat dapat sampai tanpa harus mendatangi langsung instansi yang menjadi tujuan pengiriman surat. Sehingga dapat mengefisiensi waktu, tenaga, keselamatan pengantar surat dan efisiensi biaya.  Hal penting lainnya dari penerapan sistem ini adalah ramah lingkungan, apa yang disebut dengan Go Green Office, menghemat biaya penggunaan kertas dan tinta. Aldi

 

 

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).