Salakan,bangkepkab.go.id – Kepala Dinas Kominfo Ir. Kondrad D. Galala, MM mengungkapkan Beberapa program Dinas Kominfo dalam Tahun Anggaran 2018 yang sudah dimasukkan, Adapun program yang dimaksud,

  1. Program pengembangan Komunikasi, informasi dan media masa,
  2. Program Pengkajian dan penelitian bidang Komunikasi dan Informasi,
  3. Program Fasilitasi peningkatan SDM bidang Komunikasi dan Informasi
  4. Program Kerjasama informasi dan media masa.

Lanjut ungkap Kondrad bahwa saat ini desa-desa bisa mempersiapkan suatu Konsep informasi Desa berbasis net, sistem informasi pembangunan di desa sangat diperlukan sehubungan adanya perkembangan kemajuan teknologi saat ini.

Informasi desa sangat dibutuhkan oleh semua pihak tak terkecuali masyarakat, utamanya program perencanaan pembangunan,  program jangka pendek, maupun jangka panjang, sesuai dengan yang sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulaun saat ini, atau sesuai Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati, ungkapnya.

Lanjut ungkap Kondrad di Banggai Kepulauan belum ada desa yang resmi terdaftar di menggunakan sistem informasi desa. Ada 2 (dua) Desa, sesuai informasi media yang kami baca baru akan menerapkan sistem informasi desa, yaitu Desa Tonuson Kec.Totikum Selatan dan Desa Ambelang Kec.Tinangkung yang saat ini lagi proses penginfutan data.

Ungkap Kandrad Kondisi saat ini mereka yang berkecimpung dalam pemerintahan desa masih mengandalkan informasi yang sifatnya sederhana, yaitu dari mulut ke mulut ataupun komunikasi selular ditambah dengan perencanaan yang seadanya untuk pembangunan wilayah tempat desanya tersebut. Karena belum sepenuhnya desa memahami akan apa itu informasi desa memanfaatkan internet atau website desa yang dimaksud.

Kepala Dinas Kominfo Ir. Kondrad D. Galala, MM dan Ahmad Budullah Jurnalis infodesa.id 

Lanjut ungkapnya, adanya Dana Desa sudah seharusnya tiap-tiap desa yang akan menerima bantuan dana dari pemerintah pusat tersebut harus lebih mengenal dan memahami secara lebih mendetail karakteristik wilayahnya masing-masing. Mulai dari unsur fisik, sosial, dan potensinya. Dengan begitu, wilayah desa dapat dibangun lebih bersifat komprehensif atau menyeluruh yang kaitannya dengan perencanaan pembangunan program desa dengan memanfaatkan dana desa. Nah, dengan mengetahui dan memahami informasi desa, tidak menutup kemungkinan pembangunan desa yang jauh lebih baik dari sebelumnya dapat berjalan dengan lancar.

 Jurnalis Cici Kominfo Bangkep

Apa yang dilakukan teman teman jurnalis baik dari infodesa.id dan media lain di Banggai Kepulauan, Tahun 2018 Kami telah memprogramkan  pengiriman ASN untuk pendidikan dan latihan di Balai Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Kominfo selain kerjasama informasi dan media masa, Insya Allah akan disetujui.

Jurnalis Elsi Saputri Dinas Kominfo Bangkep

Kami mengakui saat ini informasi di web pemda http://bangkepkab.go.id masih kurang sehingga dibuka ruang setiap jurnalis media utamanya OPD bisa mengirimkan informasi kegiatan-kegiatannya ke www.bangkepkab.go.id kekurangan dalam mempublikasikan kegiatan kegiatan kegiatan  OPD dan masyarakat yang ada di Kabupaten Banggai Kepulauan dapat teratasi, disamping keterbatasan tenaga jurnalis dan tenaga media senter. Demikian mengahkhirinya. *(Mad /Elsi Saputri)

 

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).