Salakan, Bangkepkab.go.id-  Peringatan Hari Ulang Tahun ke XIX Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) dilaksanakan secara sederhana namun hikmat, dengan 2 (dua) acara, yaitu Dzikir di halaman kantor Bupati bagi yang beragama Islam dan Ibadah di Gereja Imanuel Salakan bagi yang beragama Kristen. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk solidaritas sesama warga Sulawesi Tengah, setelah saudara-saudara kita di kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi dilanda musibah. Peringatan HUT Kabupaten Bangkep ke XIX mengangkat Tema “Denga HUT Ke XIX Kabupaten Banggai Kepulauan Kita Tingkatkan Solidaritas Menuju Sulteng Bangkit”. Pada peringatan HUT  tersebut, dibacakan sejarah singkat Kabupaten Bangkep oleh ketua DPRD Kabupaten Bangkep Rizal Arwie.

Diusia Kabupaten Bangkep yang ke XIX, Plt. Bupati Banggai Kepulauan H. Rais D. Adam mengatakan beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni di momentum hari jadi Bangkep, hendaknya kita jadikan wahana refleksi diri untuk melakukan serangkaian evaluasi atas apa yang telah kita kerjakan, dalam berkontribusi memberikan warna dan makna bagi perjalanan sejarah Kabupaten Bangkep, kita juga dituntut untuk mengasah kepekaan serta jeli melihat dan membaca persoalan-persoalan strategis yang tengah dialami daerah kita saat ini, dan terus memperkokoh persatuan dan kesatuan serta sikap toleransi antar sesama agama, antar umat beragama dan pemerintah.

“Pada kesempatan ini, saya mengajak kepada seluruh Organisasi perangkat Daerah (OPD) yang merupakan satu tim yang memiliki rasa tanggungjawab tinggi agar  selalu bersinergi dalam melaksanakan roda pemerintahan,  dan untuk  seluruh masyarakat di Kabupaten Bangkep agar terus memberikan dukungan kepada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di kota Palu, Sigi dan Donggala, sehingga Provinsi Sulawesi Tengah terus mengalami perubahan kearah yang lebih baik, sesuai dengan Tema HUT Bangkep,” Ucap  Rais D. Adam pada sambutannya dalam rangka HUT Bangkep ke XIX Sabtu (3/11/2018) di Halaman kantor Bupati Banggai Kepulauan.

“Melalui momentum hari jadi ini, kita jadikan wahana meneguhkan komitmen, bersatu padu memberikan karya dan prestasi terbaik bagi kabupaten Bangkep”, terkait dengan prestasi, Kabupaten Bangkep telah meraih beberapa prestasi di tahun 2018 ini.

Prestasi tersebut yakni penghargaan lomba perpustakaan desa tingkat Provinsi Sulteng, juara 1 lomba perpustakaan desa tingkat Nasional, meraih penghargaan implementasi system informasi kredit program oleh kementrian Keuangan RI Direktorat Jendral perbendaharaan kantor wilayah Provinsi Sulteng, penghargaan penganugrahan Kalpataruh oleh Presiden RI, meraih penghargaan paduan suara  musik Etnik Tradisional Pesparawi tingkat Nasional di Kalimantan Barat, meraih penghargaan pada MTQ tingkat Nasional cabang Tilawah Al-qur’an dewasa dan anak serta Hafizil Qur’an golongan 20 Juz, juara 1 kategori kambing peranakan Etawa tingkat Provinsi Sulteng, Harapan 1 kategori sapi lokal tingkat provinsi Sulteng dan penghargaan penyuluh terbaik tingkat Provinsi Sulteng kata Plt. Bupati.

Sementara itu, pada sambutan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola yang Diwakili oleh Asisten satu Pemprov Sulteng H. Ir. Faizal Mang, MM mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya buat masyarakat Kabupaten Bangkep, yang juga turut membagi duka dan bersolidaritas meringankan beban kesusahan saudara-saudara kita di PASIGALA.

“Semoga momentum peringatan ini, dapat diresapi nilai-nilai positifnya guna membulatkan tekat dan meningkatkan upaya, amal bakti seluruh elemen yang ada dalam membangun Kabupaten Bangkep kearah yang lebih baik, lebih maju,bahagia, adil, makmur, aman damai,religius dan toleran, serta makin sejahtera hidup masyarakatnya”, Akhirnya semoga Tuhan memberikan kemudahan, keikhlasan dan keberkahan atas seluruh amal bakti dan kerja keras kita membangun Sulteng khususnya Kabupaten Bangkep, kata Gubernur.

Peringatan HUT Bangkep yang ke XIX dihadiri oleh  Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Palu Sulteng Prof .Dr H. Zainal Abidin Mag, Wakapolres, Pabung 1308/LB, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Organisasi Perangkat Daerah, tokoh agama, Dharma Wanita dan PKK.cici

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).