Salakan, bangkepkab.go.id – Rabu, 19 september 2018, Plt. Bupati Banggai Kepulauan H. Rais D. Adam menyerahkan bantuan 7 unit kapal motor fiber dan santunan klaim asuransi nelayan bagi para nelayan guna untuk menunjang aktifitas nelayan saat mencari ikan di laut.

Dalam rangka penyerahan kapal motor fiber dibawah 3GT dan penyerahan santunan klaim asuransi nelayan merupakan upaya pengembangan potensi perikanan untuk meningkatkan pendapatan usaha menengah rakyat kecil di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep).

Kegiatan penyerahan ini bertempat di Pelabuhan Speed Salakan dan yang menjadi sasaran penerima bantuan kapal adalah Kelompok Usaha Bersama KUB yang sudah diperifikasi sesuai dengan petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Adapun yang menjadi penerima kapal motor fiber yaitu Ketua KUB Lumba-lumba Desa Lumbi-lumbia Kec. Buko Selatan, Ketua KUB Abadi Jaya Desa Kalumbatan Kec. Totikum Selatan, Ketua KUB Limbogor Desa Bulungkobit Kec. Tinangkung, Ketua KUB Paisulomba Desa Kindandal Kec. Liang, Ketua KUB Siano Desa Popidolon Kec. Liang, Ketua KUB Sinar Mulia Desa Ombuli Kec. Bulagi Utara dan Ketua KUB Tanjung Pamali Desa Kombutokan Kec. Totikum.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kab. Bangkep Ir. H. Ramto T. Datuage.MM “Dasar pengangaran pendapatan pengadaan kapal ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kab. Bangkep dan tindaklanjut lewat Dokumen Anggaran (DPA) Dinas Perikanan Kab. Bangkep. Jumlah total alokasi anggaran sebesar Rp.1.000.149.000 yang terbagi dalam 4 bagian yaitu perencanaan, pengadaan kapal fiber 7 unit, pengawasan dan laporan untuk realisasi fisik 100% non realisasi keuangan sebesar 98%”.(19/09)

Manfaat bagi Pemerintah adalah meningkatkan dan mempercepat proses komunikasi dan pembinaan usaha perikanan tangkap yang berada di wilayah kewenangannya, pertumbuhan dan pengembangan Kelompok Usaha Desa (KUD) merupakan langkah strategis dalam memberikan jaminan kesaksian, keberlanjutan usaha perikanan dan membantu pada potensi-potensi sumder daya alam.

Hal ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat dan Daerah kepada masyarakat sehingga Pemerintah tidak pernah berhenti berupaya membantu masyarakat khususnya pelaku usaha kelautan dan perikanan di kab. Bangkep dengan jalan memberikan bantuan untuk menunjang pekerjaan nelayan di Daerah ini.

Pesan Rais Adam kepada penerima bantuan kapal agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut secara optimal untuk menangkap ikan dan berharap bantuan ini dapat menjadi stimulan bagi nelayan untuk bekerja lebih baik dan lebih giat lagi sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan kelompok nelayan itu sendiri, kemudian menjadikan nelayan di Bangkep terus mengalami kemajuan.

Undang-Undang Nomor 50 tahun 2016 tentang perlindungan terhadap pemberdayaan rakyat kecil, membudidaya ikan dan pertambak lahan dari dasar inilah Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan membuat suatu program yang bersentuhan langsung dengan nelayan kecil yaitu salah satunya adalah bantuan premi asuransi nelayan bagi nelayan. Bantuan premi asuransi nelayan ini di kelola oleh Pt. Asuransi Jasindo yang ditunjuk oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan oleh mitra yang ada di Kabupaten di seluruh Indonesia.

Santunan kecelakaan akibat melakukan aktifitas penangkap ikan yang pertama adalah kematian akibat kecelakaan asuransi santunannya adalah sekitar Rp.200.000.000, kematian akibat selain kecelakaan usia 17-45 tahun asuransinya berjumlah Rp.160.000.000, usia 46-55 tahun asuransinya berjumlah Rp.100.000.000, hingga usia 56-65 tahun adalah Rp.50.000.000, cacat tetap asuransinya berjumlah Rp.100.000.000, dan biaya pengobatan berjumlah Rp.20.000.000.

Turut hadir dalam kegiatan, Unsur Forkopinda Bangkep, Wakapolres Bangkep, Pabung 1308/LB, Staf Khusus Bupati, Kepala OPD, Sekretaris Dinas Perikanan bersama staf, serta Ketua-ketua kelompok penerina paket bantuan.(Elsi)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).