Salakan, Bangkepkab.go.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Trikora Salakan menggelar kegiatan Semi Lokakarya Sistem Layanan Terintegrasi JKN/KIS yang dilaksanakan di ruang pertemuan RSUD Trikora Salakan pada hari Jumat 4 Mei 2018. Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Drs. Baharudin Longa, M.Si yang mewakili Bupati sekaligus jadi mentor.

Konsep sistem layanan terintegrasi JKN/KIS yang dipaparkan oleh dr. James Pinontoan selaku reformer sekaligus Direktur RSUD Trikora Salakan, menjelaskan tentang maksud dan tujuan dari kegiatan ini yaitu menyatukan persepsi stakeholder utama sistem ini, sehingga saat pengaplikasian sistem tidak ada perlambatan maupun penolakan pada pihak terkait serta memberikan dukungan penuh pada terlaksananya sistem layanan terintegrasi JKN/KIS.(4/5)

Dalam sesi tanya jawab disampaikan dukungan stakeholder dalam pengaplikasian sistem ini dengan penguatan-penguatan dari peserta lokakarya, Plt. Kadis Sosial Lukman Umafagur menyatakan Rumah Sakit harus berhati-hati dalam pengurusan masalah kepesertaan yang berhubungan dengan masalah status penerima bantuan Daerah.

Karena tidak semua warga masyarakat Banggai Kepulauan tercantum dalam penerima bantuan, jika tidak memberikan informasi yang benar kepada keluarga pasien bisa menjadi bumerang bagi pihak Rumah Sakit, sambung Lukman.(4/5)

Ditekankan pula oleh Kepala BPJS Cabang Salakan Jabir Mabing, bahwa pengurusan jangan sampai lebih dari 3×24 jam sesuai dengan Permenkes nomor 28 tahun 2014.

Kemudian dr James Pinontoan juga berharap semoga kerjasama dan kesepahaman yang telah terbentuk dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat peserta JKN/KIS di Kabupaten Banggai Kepulauan dalam memperoleh pelayanan kesehatan di RSUD Trikora Salakan.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Plt. Kadis Sosial Kab. Bangkep, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Kepala PT. Pos Indonesia Cabang Salakan, Kepala Bank Mandiri Mitra Usaha Cabang Salakan, Kepala BPJS Cabang Salakan, Kepala Bank Sulteng Cabang Salakan, serta Direksi RSUD Trikora Salakan. (Elsi)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).