Salakan, Bangkepkag.go.id – Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan Rusli Moidady, ST. MT membuka dengan resmi kegiatan  Forum Perangkat Daerah (FPD) Kabupaten Banggai Kepulauan tahun 2018 (Bangkep),  yang dilaksanakan mulai Senin 19-20 Maret 2018 di Gedung Auditorium Bappeda dan Litbang.

Forum Perangkat Daerah merupakan forum musyawara bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas  prioritas kegiatan pembangunan hasil  musrembang tahunan tingkat kecamatan dengan OPD atau gabungan OPD  yang berhubungan dengan fungsi  atau program kegiatan sektor atau lintas sektor yang tatacara penyelenggaranya dilakukan oleh OPD.

Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan  bertujuan, untuk mendapatkan masukan terhadap rancangan awal RKPD dan mendapatkan sinkronisasi  hasil-hasil musrembang desa /kelurahan, kecamatan dan forum OPD untuk menjadi prioritas program/kegiatan pembangunan Kabupaten serta memadukan perencanaan dan penganggaran di tingkat Kabupaten.

Pada sambutan tertulis  Bupati Banggai Kepulauan yang di bacakan oleh Sekda mengatakan Forum Perangkat  Daerah  saat ini merupakan tahapan dalam proses perencanaan pembanggunan, sebagaimana yang diamanatkan  dalam Undang – Undang  Nomor 25 tahun 2004 tentang system perencanaan  pembanggunan Nasional, dimana  proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama, antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat, karena masyarakat merupakan mitra kerja pemerintah dalam setiap tahapan proses pembangunan  mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai  pada tahap evaluasi.

artinya masyarakat tidak lagi dijadikan hanya sebagai objek dari pembangunan tetapi masyarakat diikutsertakan dalam proses penentuan arah dan kebijakan pembangunan itu sendiri, jelas Bupati.

Bupati menambahkan bahwa berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi program sebelumnya masih ditemukan kelemahan-kelemahan baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan daerah.

Oleh karena itu, melalui FPD saat ini  Bupati mengingatkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan untuk memperhatikan hal-hal penting berikut

Yang pertama, di dalam penyusunan suatu kegiatan harus jelas indikator kinerjanya, baik indikator keluaran maupun indikator hasil yang akan dicapai, sehingga dapat dilakukan pengukuran kinerja terhadap setiap kegiatan dalam rangka menilai tingkat keberhasilan suatu Organisasi Perangkat Daerah dalam proses mewujudkan visi dan misi Kabupaten Banggai Kepulauan.

Kedua, didalam perumusan suatu kegiatan harus mampu dilaksanakan pada tahun yang bersangkutan, dengan kata lain perencanaan disusun dengan memperhatikan kemampuan dan sumber daya yang tersedia.

Ketiga, agar memperhatikan sinergitas baik di dalam perangkat daerah itu sendiri maupun antar perangkat daerah jelas Bupati.

 Diakhir sambutannya Bupati berharap agar ditahun ini kita mampu merumuskan beberapa kebijakan-kebijakan dan program strategis untuk memacu pencapaian target pembangunan Kabupaten Banggai Kepulauan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan Nomor 8 Tahun 2017 tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah  Kabupaten Banggai Kepulauan tahun 2017-2022 mengakhirinya.

Kegiatan Forum Perangkat Daerah dihadiri oleh Sekda Kabupaten Banggai Kepulauan, Anggota DPRD, Unsur Forkopimda Kabupaten Banggai Kepulauan, Staf Ahli dan  Asisten, OPD Lingkup Pemda Kabupaten Bangkep, Camat dan Kepala Desa Kabupaten Banggai Kepulauan. cici

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).