Salakan, bangkepkab.go.id – Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan  buka Launching perdana penerapan tiket kapal laut   penyebrangan Salakan, dengan tujuan desa Montop, Bungin, Bulungkobit, Bakalan dan Komba –Komba, Kamis (28/6/2018). Selaku Pemerintah daerah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), saya menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan ini, karena akan memberikan dampak positif khususnya bagi keselamatan penumpang kata Plt. Sekretaris Daerah Rusly Moidady, ST., M.T saat membacakan sambutan Bupati Banggai Kepulauan H. Zainal Mus serta membuka dengan resmi  kegiatan  Launching Perdana Tiket Penumpang Kapal Penyebrangan Salakan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada semua pihak pemangku kepentingan, bahwa keselamatan pelayaran adalah tanggungjawab bersama, baik operator, regulator dan seluruh masyarakat pengguna jasa transportasi laut. Lewat kesempatan ini, Kata Plt. Sekda, saya menghimbau kepada agen perusahaan pelayaran kapal laut untuk lebih memperhatikan ketertiban berlabuh dan keselamatan penumpang harus menjadi prioritas utama dan tidak hanya untuk memperoleh keuntungan semata.

Ada enam asas yang perlu diperhatikan penumpang angkatan laut, yakni asas manfaat, asas keadilan, keseimbangan, keamanan kemampuan dan kepastian hukum, kiranya keenam asas tersebut akan dimiliki oleh masyarakat pengguna transportasi laut, khususnya kapal kayu, sehingga tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Kami berharap dengan Lounching perdana tiket maka transportasi ke lima desa semakin baik dan lancar.

Plt Kadis Perhubungan Suripto Nurdin, S.Sos mengatakan kegiatan ini  akan di laksan sosialisasi sebanyak dua kali  dengan mengundang pemilik-pemilik kapal dan pembawa kapal yang berada di seputaran Kabupaten Banggai Kepulauan  yaitu di desa Bungin, desa Bakalan, Bulungkobit, Montop dan  Komba-Komba,   dan kegiatan ini sangat di antusias oleh para pemilik dan kapten kapal sehingga kita berharap agar ketertiban pelayaran di Bangkep  bisa terjaga.

Oleh sebab itu untuk menjaga ketertiban dan keselamatan penumpang kapal laut, saat ini kita akan melaksanakan Launching Perdana Tiket kapal laut yang seyokgianya dengan terlaksananya kegiatan ini akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah sekaligus  terlaksananya sosialisasi tentang keselamatan pelayaran.

“Lanjut dari itu,  kata Kadis, kapal – kapal yang dibawah 7GT yang menjadi kewenangan pemerintah Kabupaten Bangkep selama ini seperti yang kita ketahui  proses pelayarannya  belum sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,  hal ini kami peroleh dari hasil survei masih ada kapten yang belum mempunyai sertifikat membawa kapal serta surat kapal sehingga dari hal itu kata kadis, kami mencoba untuk sosialisasi keinstansi terkait  beberapa kali sehingga kami peroleh kesepakatan awal bahwa   untuk jalur Salakan dan wilayah didepannya, kami akan laksanakan untuk memakai tiket, yang didalamnya sudah termasuk dengan Jasa Raharja sebesar Rp 800 per orang dan retribusi tiket masuk pelabuhan berdasarkan Perda Retribusi Nomor 12 tahun 2012 itu ditetapkan sebesar Rp 1000 per orang untuk lintasan antar kecamatan dan desa,

Berdasarkan Perintah Presiden Kepada Kementrian Perhubungan dan Kapolri untuk menertibkan lintasan perairan baik laut, sungai dan danau, pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan melalui Dinas perhubungan dan instansi terkait  pada saat ini kami sudah memulainya  dan kemudian kedepan kita akan maju kewilayah kita yang lain  di Kabupaten Bangkep, tambahnya

“Semoga dengan Launching perdana Tiket ini menambah pengetahuan kita tentang masalah keselamatan pelayaran, yang tentunya di dalam ada kontribusi kita dalam hal pembangunan daerah melalui retribusi di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), kata  Kasat Polairud Kabupaten Banggai Kepulauan.

“Sementara itu, berbicara mengenai keselamatan di laut, tentu erat hubungannya dengan tugas saya sebagai kepala satuan  polisi perairan di Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dengan pulau yang begitu banyak, kurang lebih lima ratusan dan yang lebih umum transportasi lautnya yang tidak menutup kemungkinan kecelakaan di laut dapat terjadi, maka melalui kegiatan launching ini, saya menghimbau kepada pemilik kapal dan pembawa kapal agar peraturan yang telah diterapkan agar bisa segera dipenuhi, karena kedepan setelah  lounching ini, kemungkinan tiga bulan ke depan akan dilakukan pemeriksaan kembali perlengkapan kapal.

“Kasat juga berharap kepada para pembeli kapal dan kepnya agar utamakan keselamatan penumpang dan jangan mengejar keuntungan, bersyukur karena pada saat ini sudah dilaksanakan penerapan tiket, karena pada tiket yang telah kita beli sudah terdapat jasa raharja yang akan memberikan asuransi di saat  kita mengalami musibah di laut.

Kegiatan ini selain dihadiri oleh Kejari Bangkep, Kepala Inspektorat, Kadis DLH, Kadis Pariwisata, Staf Jasa Raharja, Kabid Perhubungan bersama Staf, Camat Tinangkung, Lurah Salakan, Kepala Desa dan  para Kapten dari kelima Kapal tersebut. Cici.

 

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).