Salakan, Bangkepkab.go.id – Plt.Sekertaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan Rusli Moidady, ST.MT resmi membuka Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) RKPD Kabupaten Banggai Kepulauan tahun 2019 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah tahun 2019 di Gedung Auditorium Bappeda dan Litbang Banggai Kepulauan(Bangkep), Rabu (21/03/18).

Dengan tema “Memberdayakan Pendampingan Dalam Mengembangkan Potensi Ekonomi Lokal Melalui Dukungan Kelembagaan Pemerintah Yang Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif”, Pemerintah berharap Dukungan dari semua pihak untuk terus mendorong tumbuh dan bergeraknya ekonomi Banggai Kepulauan.

Menurut Rusli, Berdasarkan BPS, pada tahun 2016 tercatat laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banggai Kepulauan sebesar 6,40%, kemudian di tahun 2015 mengalami kenaikan menjadi 6,66%, capaian tersebut lebih baik dibandingkan kinerja ekonomi Nasional yang tercatat sebesar 5,02%.

Pertumbuhan ekonomi Banggai Kepulauan pada tahun 2018 diprediksi (Optimis) tumbuh mencapai 6,65%. Yakinlah dengan kerja keras dan kesungguhan kerja kita, insya allah target tersebut akan bisa dicapai.Sambungnya

Pemerintah akan terus berupaya merealisasikan kinerja dan realisasi antara lain, Budidaya udang vaname, peningkatan produktifitas sektor pertanian yaitu komoditi jagung, penataan kawasan ibukota, peningkatan infrastruktur Pariwisata dan pulsa listrik gratis dan tunjangan hari tua bagi masyarakat miskin.

Pemerintah Daerah juga terus berupaya memberikan insentif investasi, membangun infrastruktur strategis, antara lain pelabuhan, jalan dan jembatan. pada tahun 2018 ini direncanakan dibangun jalan di sepanjang pesisir Desa Bongganan dan pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Bongganan dan Desa Tompudau sebagai bagian dari komitmen Pemerintah Daerah dalam penataan kawasan Ibu kota yang selama ini belum menunjukkan peningkatan.

Harapan Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Plt.SEKDA Bangkep, “Kedepan kita akan lebih fokus pada peningkatan prioritas unggulan Banggai Kepulauan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan melalui peningkatan produktifitas pertanian, peningkatan produktifitas perikanan serta peningkatan kunjungan & pengembangan Destinasi Wisata, dengan tetap menjamin terlaksananya prioritas wajib (layanan pendidikan dan kesehatan) dengan ditunjang peningkatan infrastruktur serta dukungan segenap Stakeholder pembangunan Daerah”.

Turut hadir dalam kegiatan Kementerian Pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Bappeda Provinsi Sulteng, Unsur Forkopimda Kabupaten Bangkep, Pabung 1308 L/B, Ketua TP-PKK Kabupaten Bangkep, Staf Ahli dan Asisten Kabupaten Bangkep, Ketua Dharma Wanita Bangkep, Kepala OPD Lingkup Pemda kab. Bangkep, Camat Lingkup Pemerintah Bangkep, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Peserta Musrenbang.(Elsi)

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).