Salakan, Bangkepkab.go.id – Permasalahan sampah telah menjadi isu Nasional. Sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk, kemajuan teknologi, dan gaya hidup. Hal ini berdampak pada meningkatnya jumlah  dan jenis timbulan sampah yang beragam di setiap kota. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melaksanakan Sosialisasi dan Disiminasi Pengolahan Persampahan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kebijakan pengolahan persampahan dan meningkatkan kemampuan inovasi pengolahan sampah sehingga memberi nilai ekonomis serta membantu pertajam pokus penyusunan kebijakan strategi daerah pada pengolahan sampah.

Kabupaten Bangkep dengan pertumbuhan penduduk yang semakin berkembang akan meningkatkan pula timbulan sampah, sehingga menjadi tantangan yang akan memerlukan perhatian lebih. Tercatat, bahwa total sampah Kabupaten Bangkep perhari bila di hitung dari jumlah penduduk adalah kurang lebih 35%Ton/hari, kata Plt. Bupati H. Rais D Adam pada sambutan tertulisnya yang dibacakan  oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan  Rusli Moidady, ST., MT. Rabu (5/12/2018) di Gedung BPU Salakan Kecamatan Tinangkung.

Menyikapi akan permasalahan sampah, Pemerintah Kabupaten Bangkep telah menetapkan Peraturan Daerah No. 09 Tahun 2015 tentang pengelolaan persampahan, berbagai upaya terkait permasalahan sampah telah dilakukan pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup, diantaranya adalah melakukan pembinaan pengelolaan sampah rumah tangga melalui pendampingan terhadap pengumpul sampah perorangan yang akan dijadikan Bank sampah dengan menyediakan mesin pencacah plastik, Tambah Rais.

Dalam penanganan sampah kita dituntut untuk cerdas mengelolah sampah, mengingat bahwa keberadaan sampah tidak sepenuhnya menjadi masalah jika dapat ditangani dengan tepat, bahkan sampah rumah tangga dapat memiliki nilai ekonomis bila dipilah dan dipilih secara benar, Kata Rais. Saatnya kita menumbuhkan kesadaran dan disiplin dalam mengelolah sampah secara tepat, dengan pendekatan ini, tentunya masalah sampah akan lebih mudah teratasi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan menjadi daya dukung bagi terselesaikannya masalah persampahan di Kabupaten Bangkep, sekaligus dapat menjadi media dalam menambah pemahaman masyarakat dalam mengatasi dan mengelolah sampah rumah tangga.

Pada kegiatan ini turut hadir Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkep, Kepala OPD, Institusi Pendidikan, PKK Kabupaten Bangkep,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, Pengusaha dalam kota Salakan, Pemerhati Lingkungan dan Sampah, Pengelolah Pasar. Cici

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).