Salakan, Bangkepkab.go.id – 3 menara seluler  atau Base Transceiver Stasion (BTS) Mini  telah  dibangun di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) khususnya  di desa yang blank spot. Pembangunan BTS ini dilakukan oleh PT. Bintang Komunikasi Utama yang merupakan mitra kerja dari  Balai Penyedia Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI). Teknisi  PT. Bintang Komunikasi Utama Gali Cendana  Indra Pura mengungkapkan,  Ke 3 (tiga) BTS yang akan dibangun  tersebar di  tiga 3 desa  yakni  desa Okumel Kecamatan Liang, desa Alul Kecamatan Bulagi  dan desa Bonepuso Kecamatan Bulagi Selatan.

Dari ketiga desa tersebut, untuk desa Okumel saat ini sudah tahap penyelesaian, desa Alul sementara proses pembangunan dan untuk desa Bonepuso saat ini sementara mobilisasi, Kata Gali.  Panjang BTS  tersebut hanya 30 meter dengan jangkauan jaringannya 4 kilometer, namun tidak menutup kemungkinan, kata Gali jika BTS tersebut berada di desa yang tidak terdapat gunung, maka jangkauannya bisa 5 sampai dengan 6 kilometer dan untuk jaringannya sendiri hanya khusus untuk nelpon dan sms, tambahnya.

Untuk Progres pembangunannya sendiri kata Gali, rencananya akan terselesaikan pada tanggal 7 Juni 2018, yang kemudian setelah semuanya  telah selesai, akan dilanjutkan dengan pengaktifan jaringan usai lebaran idul Fitri, namun untuk pasti tanggal berapa saat ini belum bisa dipastikan, namun katanya pada waktu dekat ini segera akan diaktifkan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ir. Kondrad D Galala, MM mengungkapkan bahwa adanya lokasi BTS Mini di 3 desa tersebut, adalah sebagai realisasi atas permohonan Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep) H. Zainal Mus pada Pemerintah Pusat pada bulan Juni 2017 dan audiensi beliau dengan Pejabat BP3TI Kementerian Komunikasi dan Informatika pada bulan November 2017.

Pembangunan ini dilakukan setelah Tim BP3TI yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan  survey  ke desa yang Blank Spot, kemudian Pemerintah Desa memberikan Hibah tanah dari desa ke Pemerintah daerah untuk  tempat pembangunan BTS mini, Rabu (30/5/2018) kata Kadis saat ditemui wartawan di Kantor Diskominfo. Pembangunan ini merupakan bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI). Dengan diaktifkannya jaringan tersebut, semoga dapat dijaga dan digunakan dengan sebaik mungkin, mengakhirinya. cici

 

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).