Salakan, Infopublik – Tim Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), N Ahmad Abrar dan Lailatul Badriah selaku Surveyor Indonesia laksanakan survei penggunaan perangkat internet pada beberapa titik yang diberikan pada waktu lalu di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Jumat 27/10/2017.

Ahmad Abrar mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program pemerintah pusat yakni untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas teknologi informasi di daerah – daerah tertentu di Indonesia dalam hal penyediaan perangkat internet melalui BP3TI.

Untuk program ini sudah dimulai sejak tahun 2015 dengan jumlah titik yang akan diberikan parangkat internet kurang lebih 4000 di seluruh Indonesia, seperti di sekolah, Balai Latihan Kerja (BLK) dan Kantor Desa/Kelurahan.

Bersamaan dengan itu Ahmad Abrar menambahkan bahwa 4000 titik tersebut pada tahun 2015 BP3TI mempunyai satu program untuk memonitoring titik tersebut mengenai pemakaian jaringan, dan dari hasil monitoring tersebut pada akhir tahun 2016 untuk Indonesia Tengah diperoleh 265 titik yakni Bali, Nusra, Kalimantan dan Sulawesi salah satunya adalah Bangkep yang boleh dikatakan mempunyai masalah dengan penggunaan jaringan internet.

Untuk wilayah Kabupaten Bangkep sendiri ada empat titik yang akan disurvei yakni SMPN 3 Bulagi Selatan, SMPN I Peling Tengah, SMPN I Tinangkung Utara dan SDN Lobuton, dengan tujuan untuk meninjau langsung masalah apa yang mengakibatkan penggunaan jaringan tersebut tidak maksimal, jelas Ahmad

Dari hasil survei salah satu sekolah yakni sekolah SMPN I Tinangkung Utara, operatornya mengatakan bahwa ketidak maksimalan penggunaan perangkat ini karena tidak diaktifkan selama 24 jam tetapi hanya diaktifkan selama jam sekolah.

Sementara itu, operator sekolah menambahkan bahwa jaringan ini dulunya di gunakan selama 24 jam cuma ada beberapa masyarakat yang mengetahui paswordnya datang ke sekolah tersebut untuk menggunakannya sambil mabuk-mabukan, sehingga pihak sekolah memutuskan untuk mengaktifkannya hanya selama jam sekolah saja alasannya jangan sampai pihak sekolah dirugikan, jelasnya.

Kegiatan survei dilaksanakan selain TIM BP3TI turut diikuti oleh Kepala Bidang Persadian Haerudin, staf Diskominfo Bangkep Taqyudin, Dewan Guru dan operator sekolah SMPN I Tinangkung Utara (McBangkep/Cici)

http://infopublik.id/read/230436/tim-bp3ti-survei-penggunaan-bantuan-perangkat-internet-di-bangkep.html

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).