Salakan, Bangkepkab.go.id – Tim Penggerak PKK peringati Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang ke – 46 tahun 2018, dengan tema Kerukunan dalam Keluarga dan Lingkungan untuk Mewujudkan Indonesia Damai,  Rabu (2/5) di Gedung Balai Pertemuan Umum Salakan Kecamatan Tinangkung.

Peringatan HKG PKK bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelolah dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat, yang sudah dilaksanakan diseluruh Indonesia dan bermanfaat bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air dan meningkatkan pemahaman segenap jajaran Tim Penggerak PKK, masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan, tujuan program kegiatan PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga, serta meningkatkan motivasi kader PKK dalam  melaksanakan 10 Program Pokok PKK dan sebagai ajang silaturahmi antar Kader PKK se-Kabupaten Bangkep.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Wakil Bupati Banggai Kepulauan H. Rais D.Adam mengatakan, “dengan tema tersebut mengingatkan kepada kita semua bahwa keluarga merupakan benteng utama terwujudnya masyarakat aman, tentram dan damai. Untuk itu, saya mengajak kepada jajaran TP–PKK  Kabupaten Bangkep untuk terus memberikan bimbingan kepada kader – kader PKK, termasuk kader Dasawisma, karena pada mereka terletak fungsi kerja termasuk di dalamnya lingkungan yang damai.”

“Peran keluarga dalam pembangunan dan pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan  faktor yang sangat strategis, untuk mencapai hal itu, diperlukan komitmen yang sangat tinggi dan keterlibatan semua pihak dalam jangka waktu yang panjang” kata   Ny. Hj. Sartini R. Adam selaku ketua Panitia pelaksanaaan HKG Kabupaten Bangkep.

Lanjut Sartini juga mengatakan “Proses pengembangan itu merupakan proses pemberdayaan yang sangat sulit, sehingga harus dilaksanakan secara bertahap dan diikuti oleh semua yang terlibat, terutama bagi para pelaku tanpa diwakilkan, karena kualitas keluarga di Indonesia  yang relative masih belum optimal, maka pemberdayaan Sumber Daya Manusia itu dilakukan dengan pemberdayaan keluarga sebagai lembaga pertama dan utama bagi setiap insan anggotanya.”

Ketua TP–PKK Kabupaten Bangkep Ny. Nancy Zainal Mus menanggapi kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan terbesar, yakni HKG dan Jambore yang dilaksanakan oleh PKK yang merupakan momen untuk memperlihatkan kinerja kita selama setahun dan memperbaiki kinerja  kita untuk tahun berikutnya. Nancy berharap agar Banggai Kepulauan semakin maju, karena HKG dan Jambore tahun lalu kita bisa meraih juara sampai di ajang  nasional, dan untuk tahun 2018 ini semoga status juara itu terus dipertahankan.

Adapun sejarah singkat PKK dibacakan oleh Wakil Ketua IV Ny. Yoritha Kondrad. “PKK bermula dari suatu seminar Home Economic di Bogor pada tahun 1957 yang menghasilkan rumusan 10 Segi Kehidupan Keluarga yang saat ini menjadi 10 Program pokok.PKK. Selanjutnya Rakernas PKK dilaksanakan setiap 5 tahun dimana 2015 telah dilaksanakan Rakernas VIII dipimpin oleh Ketua Umum TP-PKK dr. Erni Guntarti Tjahyo Kumolo di Jakarta” kata Yoritha.

Kegiatan HKG ini dihadiri oleh anggota Polres Bangkep Andris M. Piodo, anggota TNI Hanafi, Asisten II Setda, Staf Ahli Bupati, Staf Khusus Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Para Camat kecuali Camat Liang, organisasi perempuan di Kabupaten Bangkep, Ketua TP–PKK Kecamatan kecuali Kecamatan Liang. Cici

 

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).