Diskominfo Salakan – Upacara memperingati hari sumpa pemuda 28 Oktober 2017 di lapangan Trikora Salakan. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati Banggai Kepulauan H. Zainal Mus.

Pada hari ini  28 Oktober 2017 pelaksanaan upacara bukan hanya dilaksanakan di Kabupaten Bangkep, namun hampir diseluruh wilayah Indonesia. Sebuah tonggak sejarah dalam membangun persatuan dan kesatuan Bangsa sebagai wujud kemerdekaan. Mempersatukan wilayah, bahasa dan tanah air menjadi satu yaitu INDONESIA.

Pada kesempatan ini Bupati Banggai Kepulauan H. Zainal Mus, menjadi Inspektur sebagai tanda komitmen dalam rangka mempersatukan visi dalam membangun kabupaten Banggai Kepulaun. Saat ini wujud dari Sumpah Pemuda perlu di implementasikan dalam membangun Kabupaten Bangkep.

Tanpa persatuan, rasa persaudaraan seluruh warga Bangkep untuk saling bahu membahu menjadi salah satu manivestasi perwujudan Sumpah Pemuda. Semangat yang diemban dapat dijadikan sebagai motivasi untuk mempercepat pembangunan Kabupaten Bangkep.

Seperti diketahui bahwa Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap “perkumpulan kebangsaan Indonesia” dan agar “disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan”.

Pelaksanaan upaca yang dihadiri oleh semua OPD diakhiri dengan foto bersama. Kegiatan foto bersama, menjadi wujud dan komitmen kebersamaan, seperti amanah dalam Sumpah Pemuda

Upacara Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).