Visi dan Misi Kabupate Banggai Kepulauan


 

Filosofi

Filosofi pembangunan daerah Banggai Kepulauan digali dari filosofi luhur nenek moyang masyarakat Banggai Kepulauan yang dikenal dengan Istilah “Konggolio Ko Tano Kinendeke Ko Lipu” yang melahirkan Konsep “Pengabdian membangun negeri dengan sungguh- sunguh” yang secara filosofis merupakan dasar membangun dengan pondasi yang kokoh.

VISI

Berdasarkan permasalahan dan perspektif diatas, maka pemerintah daerah merumuskan Visi Kabupaten Banggai Kepulauan tahun 2011-2016 yaitu :

“Membangun Pemerintahan Yang Berkualitas, Adil, Demokratis Dan Bersih Demi Terwujudnya Masyarakat Banggai Kepulauan Yang Sejahtera Dan Religius”

Visi diatas mengandung pengertian dan kata kunci antara lain :

Pemerintahan yang berkualitas, dimaksudkan bahwa Penyelenggaraan pemerintahan diharapkan berdasar atas standar pelayanan, standar pelaksanaan, standar kelayakan dalam mencapai indikator kepemerintahan secara maksimal.

Adil,dimaksudkan bahwa Azas dalam pengambilan Kebijakan dan Strategi pelaksanaan kepemerintahan dan pembangunan memegang prinsip manajemen yang memperhatikan azas keadilan demi kepentingan seluruh masyarakat.

Demokratis dan Bersih,dimaksudkan bahwa pelaksanaan kepemerintahan dan pembangunantetap bersinergi serta bermanfaat untuk masyarakat, melalui perwujudan pemerintahan yang akuntabel, berwibawa dan bermartabat.

Sejahtera,dimaksudkan bahwa dampak dari segala kebijakan adalah mengangkat derajat hidup dan bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Religius,dimaksudkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan kehidupan masyarakat senantiasa dilandasidengan nilai- nilai agama dan moral.

Misi

Berdasarkan visi pembangunan tersebut ditetapkan misi pembangunan Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun 2011-2016 sebagai berikut :

Meningkatkan penegakan supremasi hukum dan tata kelolah pemerintahan, dalam rangka mewujudkan pemerintah yang bersih dan bebas dari KKN

Meningkatkan penegak supremasi hukum dan tata kelolah pemerintahan, dalam rangka menjelmakan pemerintah yang bersih dan bebas dari KKN berarti bahwa Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan bersama dengan seluruh pemangku kepentingan bekerja sama dalam mendorong penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan menjadi semakin bersih, cepat, bermutu, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel. Salah satu bagian dari peningkatan pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan adalah reformasi birokasi daerah yang dilaksanakan secara terus menerus, berkesinamabungan, konsisten dan berbasis kinerja.

Meningkatkan pendidikan yang berkualitas, relavan, efesien dan efektif yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat

Meningkatkan pendidikan yang berkualitas, relavan, efesien dan efektif yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat mengandung arti Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan dalam memenuhi kebutuhan pelayanan mendasar bagi masyarakatnya. Melalui tersedianya fasilitas pendidikan yang memadai diharapkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Banggai Kepulauan terus meningkat. fasilitas pendidikan sepenuhnya juga menjadi tanggung jawab pemerintah Kabupaten Banggai kepulauan oleh karena itu harus diupayakan biaya pendidikan murah dan terjangkau namun tetap berkualitas serta Orientasi pembangunan di bidang pendidikan tidak saja diarahkan kepada pembangunan infrastruktur fisik dan fasilitas pendukung lainnya tapi juga peningkatan kompetensi tenaga pengajar dan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi.

Meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan masyarakat melalui pelayanan yang dapat dijangkau seluruh masyarakat

Meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan masyarakat melalui pelayanan yang dapat dijangkau seluruh masyarakat mengandung arti Kabupaten Kabupaten Banggai Kepulauan memiliki tingkat pencapaian pembangunan kesehatan yang tinggi,. Kondisi ini ditunjukkan dengan tingkat kesakitan penduduk serta angka kematian ibu melahirkan, balita dan anak yang terus menurun drastis dan terendah dibandingkan dengan rata-rata di tingkat propinsi. Kondisi ini ditunjang dengan rasio sarana, prasarana dan tenaga dokter serta medis terhadap jumlah balita maupun penduduk secara memadai sesuai dengan standar pelayanan minimal pelayanan kesehatan sehingga pelayanan kesehatan masyarakat dapat di di jangkau maupun menjangkau oleh masyarakat terutama masyarakat yang berada di kepulauan.

Mengembangkan struktur ekonomi berbasis pedesaan yang mampu memanfaatkan keunggulan potensi lokal

Kabupaten Banggai Kepulauan bersama seluruh pemangku kepentingan bekerja sama dalam meningkatkan produktivitas terutama di pedesaan, efisiensi dan nilai tambah dalam pengelolaan sumber daya lokal. Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan berupaya menciptakan, mengembangkan dan menawarkan iklim investasi yang kondusif dan menarik bagi pengembangan usaha produktif, penciptaan kesempatan kerja, pengurangan kemiskinan, peningkatan pendapatan daerah dan percepatan kemajuan daerah.

Meningkatkan infrastruktur yang memadai agar masyarakat dapat memiliki akses untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak

Meningkatkan infrastruktur yang memadai agar masyarakat dapat memiliki akses untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak mengandung artidalam rangka menunjang kegiatan perekonomian serta memenuhi kebutuhan yang layak, maka pembangunan infrastruktur yang terpaduguna ketersediaan sarana dan prasarana wilayah yang memadai, efesien dan efektif mutlak diperlukan sekaligus menjamin berlangsungnya kegiatan ekonomi dan investasi secara produktif.,

Meningkatkan kualitas kehidupan, peran perempuan, kesejahteraan anak, dan partisipasi pemuda dalam membangun

Meningkatnya partisipasi pemuda/I dan kesetaraan gender dalam memberikan kontribusi pembangunan kabupaten Banggai Kepulauan melalui meraih prestasi regional, nasional dan internasional di bidang olahraga, seni-budaya, iptek dan imtaq.